search

1 Makabe 12

Hubungan Yonatan dengan orang-orang Sparta

1

Karena melihat bahwa waktu menguntungkan kepadanya maka Yonatan memilih beberapa orang untuk diutusnya ke Roma guna meneguhkan dan membaharui persahabatan dengan orang-orang Roma.

2

Ke kota Sparta dan negeri-negeri lainpun dikirimkannya surat yang serupa.

3

Maka berangkatlah utusan-utusan itu ke Roma. Kemudian mereka masuk menghadap dewan penasehat, katanya: "Imam besar Yonatan dan bangsa Yahudi mengutus kami dengan maksud membaharui persahabatan dan persekutuan seperti dahulu."

4

Mereka diberi surat-surat untuk para pembesar setempat, supaya mereka diantar ke negeri Yehuda dengan selamat.

5

Dan inilah salinan surat yang ditulis Yonatan kepada orang-orang Sparta:

6

"Imam besar Yonatan dan Majelis Tertua bangsa, para imam dan rakyat Yahudi lainnya, kepada saudara-saudaranya, rakyat Sparta, salam!

7

Dahulu pernah sepucuk surat dikirim kepada imam besar Onias oleh Areios yang menjadi raja kamu, bahwasanya kamu adalah saudara-saudara kami sebagaimana ternyata dari salinan surat itu yang terlampir di sini.

8

Utusan-utusan itu telah disambut oleh Onias dengan segala hormat dan surat yang tegas tentang persekutuan dan persahabatan itu telah diterima olehnya.

9

Sebenarnya kami tidak membutuhkannya, oleh karena kami mempunyai penghiburan dari Kitab Suci yang ada pada kami.

10

Namun demikian, kami telah berusaha mengutus seorang utusan untuk membaharui persaudaraan dan persahabatan dengan kamu, supaya kami jangan sampai mengasingkan diri dari kamu. Sebab sudah lama semenjak kamu mengirimkan surat tersebut kepada kami.

11

Adapun kami, pada setiap kesempatan dan dengan tak kunjung putus kami mengenangkan kamu pada hari-hari raya dan hari-hari lain yang serasi, baik dalam korban yang kami persembahkan, maupun dalam sembahyang, sebagaimana sepatutnya dan selayaknyalah mengenangkan saudara.

12

Kami bersukacita atas kemasyhuranmu.

13

Memang kami sendiri telah mengalami banyak keimpitan dan peperangan dan kami telah diperangi oleh semua raja di keliling kami.

14

Namun demikian, kami tidak mau menyusahkan kamu atau sekutu-sekutu dan sahabat-sahabat kami lainnya dengan peperangan-peperangan itu.

15

Sebab kami telah mendapat bantuan dari Sorga yang datang membantu kami. Dan kamipun telah dibebaskan juga dari musuh kami yang direndahkan.

16

Kami telah memilih Numenius bin Antiokhus dan Antipater bin Yason untuk kami utus kepada orang-orang Roma guna membaharui persahabatan dan persekutuan yang lama dengan mereka.

17

Kami telah memerintah mereka pergi kepadamu juga untuk menyampaikan salam kepadamu dan menyerahkan kepadamu surat kami tentang pembaharuan persahabatan dan persaudaraan kita.

18

Kamu kiranya berbuat jasa, jika kamu sudi memberikan jawaban dalam hal ini."

19

Dan inilah salinan surat yang telah dikirim kepada Onias:

20

"Areics, raja Sparta, kepada imam besar Onias, salam!

21

Di dalam salah satu naskah tentang orang-orang Sparta dan orang-orang Yahudi telah ditemukan, bahwa mereka bersaudara dan bahwa mereka dari keturunan Abraham.

22

Setelah kami menjadi tahu tentang hal itu, maka kamu kiranya berbuat jasa dengan menulis kepada kami tentang kemakmuranmu.

23

Kami telah menyampaikan jawaban ini kepadamu: Ternak dan harta milikmu adalah kepunyaan kami, dan milik kami adalah kepunyaanmu. Maka dari itu kami memerintahkan, supaya kamu diberitahu tentang hal ini."

 

Yonatan di Seleusiria; Simon di negeri Filistea

24

Yonatan mendengar bahwa para panglima Demetrius telah kembali lagi dengan lebih banyak pasukan dari yang dahulu untuk berperang dengannya.

25

Maka ia berangkat dari Yerusalem menyongsong mereka di daerah Hamat. Sebab ia tidak mau memberi mereka keleluasaan untuk memasuki negerinya sendiri.

26

Ia mengutus juga mata-mata ke dalam perkemahan mereka. Kemudian mata-mata itu kembali dan mereka beritahukan kepada Yonatan bahwa musuh bersiap-siap untuk menyergap orang-orang Yahudi di malam hari.

27

Ketika matahari terbenam diperintahkan oleh Yonatan kepada orang-orangnya, supaya berjaga-jaga dan berlengkap sepanjang malam dan siap sedia untuk bertempur. Ditempatkannya juga pos-pos terdepan di keliling perkemahan.

28

Tetapi pihak musuh mendengar bahwa Yonatan dan orang-orangnya sudah bersiap-siap untuk bertempur. Maka mereka ketakutan dan cemas hati. Dari sebab itu api unggun dipasang oleh mereka di perkemahan.

29

Hingga pagi hari Yonatan dan orang-orangnya tidak mengerti makna api itu, sebab dilihatnya api bernyala terus.

30

Kemudian Yonatan mengejar mereka, tetapi tidak berhasil menyusul mereka, sebab mereka sudah menyeberang sungai Eleuterus.

31

Dari sebab itu Yonatan membelok ke arah suku Arab yang disebut Zabadi. Mereka dihantam dan dirampasi olehnya.

32

Lalu berangkatlah Yonatan dan tiba di kota Damsyik, kemudian melalui daerah itu.

33

Simonpun telah keluar juga dan maju sampai ke Askelon serta benteng-benteng di sekitarnya. Kemudian Simon membelok ke kota Yope dan kota itu direbutnya.

34

Sebab telah didengarnya bahwa kota berbenteng itu mau diserahkan kepada pasukan Demetrius. Dan ditempatkannya di situ tentara pendudukan untuk menjaganya.

 

Beberapa perbaikan di Yerusalem

35

Sementara itu Yonatan sudah kembali. Kemudian dihimpunkannya kaum tua-tua rakyat dan bersama dengan mereka dibuat rencana untuk membangun beberapa benteng di negeri Yudea,

36

untuk meninggikan tembok-tembok Yerusalem dan mendirikan sebuah dinding tinggi antara puri dan kota, supaya puri itu tersekat sehingga jual beli satu sama lain tidak mungkin lagi.

37

Mereka sudah berhimpun juga untuk membangun kembali kota itu. Sebagian dari tembok Anak Sungai di sebelah timur sudah roboh. Maka dipulihkannyalah apa yang disebut Kafenata.

38

Simon membangun juga Adida di Sefela dan memperkokohnya. Dipasangnya pintu gerbang dan palang pintu.

 

Yonatan ditangkap oleh musuh

39

Adapun Trifon berusaha menjadi raja di Asia dengan menaruh mahkota kerajaan di atas kepalanya dan menjatuhkan tangan kepada raja Antiokhus.

40

Tetapi ia kuatir kalau-kalau Yonatan tidak membiarkannya, melainkan akan memeranginya. Dari sebab itu dicarinya akal untuk menangkap dan membasmi Yonatan. Maka berangkatlah Trifon dan tiba di Bet-Sean.

41

Yonatan berangkat juga menyongsong Trifon dengan empat puluh ribu orang yang dipilih untuk pertempuran teratur. Iapun tiba di Bet-Sean pula.

42

Melihat bahwa Yonatan datang dengan banyak pasukan Trifon tidak berani menjatuhkan tangan kepadanya.

43

Dengan segala hormat Yonatan disambut olehnya lalu diperkenalkan dengan semua sahabatnya. Yonatan diberinya juga berbagai hadiah dan kepada para sahabatnya serta semua pasukannya diperintahkannya, supaya taat kepada Yonatan seperti kepada dirinya sendiri.

44

Kemudian berkatalah Trifon kepada Yonatan: "Mengapa engkau menyusahkan rakyat sebanyak itu? Sebab kita tidak berhadapan muka untuk berperang, bukan?

45

Baiklah kiranya engkau sekarang menyuruh orang-orang itu kembali ke rumahnya masing-masing. Hendaklah engkau sendiri memilih beberapa orang yang dapat menyertai engkau dan mari bersama dengan aku ke kota Ptolemais. Maka kota itu akan kuserahkan kepadamu dan juga benteng-benteng dan pasukan-pasukan lainnya serta semua perwiranya. Kemudian aku hendak pulang. Itulah sebabnya maka aku berada di sini!"

46

Yonatan percaya kepadanya dan berbuat sebagaimana yang dikatakan Trifon. Disuruhnya pasukannya kembali, yang pulang ke negeri Yehuda juga.

47

Hanya tiga ribu orang ditahannya. Dua ribu orang dari antaranya dikirim ke daerah Galilea, sedangkan seribu orang mengiring Yonatan.

48

Ketika Yonatan sudah memasuki kota Ptolemais, maka semua pintu gerbang kota ditutup oleh penduduk. Yonatan ditangkap mereka, sedangkan semua orang yang mengiringnya dibunuh dengan pedang.

49

Kemudian Trifon mengirim pasukan jalan dan pasukan berkuda ke daerah Galilea dan ke dataran besar untuk membinasakan semua pengikut Yonatan.

50

Tetapi pengikut-pengikut Yonatan dapat tahu bahwa Yonatan sudah ditangkap dan hilang bersama dengan segenap pengiringnya. Maka mereka menetapkan hati satu sama lain lalu maju dengan barisan padat, siap untuk bertempur.

51

Oleh karena para pengejar melihat bahwa orang-orang itu akan berjuang mati-matian, maka mereka berbalik semua.

52

Adapun orang-orang Yahudi sekalian tiba di negeri Yehuda dengan selamat. Kemudian berkabunglah mereka atas Yonatan serta segenap pengiringnya dan sangat ketakutan. Seluruh Israel melangsungkan perkabungan besar-besaran.

53

Lalu semua bangsa lain di sekeliling berusaha membasmi orang-orang Yahudi. Sebab pikir mereka: "Mereka tidak lagi mempunyai pemimpin atau penolong. Baiklah kita sekarang bertempur melawan mereka dan menghapus kenangan akan mereka dari tengah-tengah manusia."