search

1 Makabe 13

SIMON MENJADI IMAM BESAR DAN PEMIMPIN ORANG-ORANG YAHUDI

13:1 -- 16:24

 

Simon mengganti Yonatan

1

Adapun Simon mendengar juga bahwa Trifon telah menghimpun banyak pasukan dengan maksud memasuki negeri Yehuda dan memusnahkan negeri itu.

2

Ia melihat pula bahwa rakyat bergetar ketakutan. Maka naiklah ia ke Yerusalem dan dikerahkannya segenap rakyat.

3

Kemudian ia mengajak mereka dengan berkata kepada mereka: "Kamu sendiri tahu tentang betapa banyaknya yang telah diperbuat oleh aku serta saudara-saudaraku dan oleh keluarga bapakku untuk hukum-hukum dan Bait Allah dan juga tentang segala peperangan dan kesesakan yang telah kami alami.

4

Karena itupun maka sekalian saudaraku sudah jatuh binasa untuk Israel dan akulah satu-satunya yang masih tersisa.

5

Jangan sekali-kali terjadi bahwa aku menyayangkan nyawaku di waktu penindasan. Sebab aku ini kiranya tidak lebih baik dari pada saudara-saudaraku!

6

Sebaliknya, akupun hendak membalas dendam juga untuk bangsaku dan Bait Allah, untuk isteri dan anak-anak kamu. Sebab semua bangsa lain sudah berhimpun untuk memusnahkan kita karena benci."

7

Demi perkataan itu didengar oleh rakyat maka berkobar-kobarlah semangat mereka karenanya.

8

Dengan suara lantang mereka menjawab: "Engkau harus menjadi penguasa kami sebagai pengganti Yudas dan Yonatan, adikmu!

9

Hendaknya engkau memimpin peperangan kami, niscaya kami hendak melakukan segala sesuatunya yang akan kaukatakan!"

10

Maka Simon menghimpun semua laki-laki yang sanggup memanggul senjata dan dengan bergegas-gegas tembok-tembok Yerusalem diselesaikan dan diperkokohnya sekeliling.

11

Sementara itu dikirimnya Yonatan bin Absalom dengan pasukan yang cukup besar ke kota Yope. Penduduk kota itu diusir oleh Yonatan bin Absalom, lalu ia sendiri menetap di sana.

 

Simon mengusir Trifon dari negeri Yehuda

12

Maka Trifon berangkat dari kota Ptolemais dengan banyak pasukan menuju negeri Yehuda. Yonatanpun ada sertanya sebagai tawanan.

13

Simon berkemah di Adida yang terletak berhadapan dengan dataran.

14

Kemudian Trifon dapat tahu bahwa Simon telah tampil sebagai pengganti Yonatan, adiknya, dan bersiap sedia untuk memulai pertempuran dengannya. Maka Trifon mengirim utusan-utusan kepada Simon untuk mengatakan:

15

"Kami menahan Yonatan, adikmu, karena uang yang masih harus dibayar olehnya kepada kas negara untuk jabatan yang dipegangnya.

16

Hendaklah sekarang juga mengirimkan seratus talenta perak dan dua dari anak Yonatan sebagai sandera, supaya ia setelah dilepaskan jangan berbalik dari pada kami. Dengan syarat-syarat ini ia dilepaskan."

17

Meskipun Simon mengerti bahwa mereka berkata bohong kepadanya, namun ia menyuruh ambil uang itu serta kedua kanak-kanak itu, supaya ia jangan kena kebencian umum dari pihak rakyat,

18

yang boleh jadi akan berkata: "Oleh karena Simon tidak mengirimkan uang dan anak-anak itu kepada Trifon maka binasalah Yonatan!"

19

Karena itu maka Simon mengirimkan anak-anak dengan seratus talenta itu. Tetapi ia diperdayakan oleh Trifon yang tidak melepaskan Yonatan.

20

Sesudah itu Trifon berangkat untuk memasuki negeri itu dan memusnahkannya. Mereka memutar jalan ke kota Adora. Tetapi Simon serta balanya merintangi dia di segala tempat yang dilalui Trifon.

21

Dalam pada itu penduduk puri Yerusalem mengirim utusan-utusan kepada Trifon, yang mendesak dia untuk datang ke tempat mereka lewat padang gurun dan mengirimkan makanan kepada mereka.

22

Dari sebab itu Trifon menyiapkan segenap pasukan berkudanya untuk maju ke sana. Tetapi pada malam itu turunlah salju lebat sekali, sehingga Trifon tidak dapat pergi oleh karena salju itu. Maka ia berangkat ke daerah Gilead.

23

Ketika sudah mendekat kota Baskama Trifon membunuh Yonatan yang dikubur di sana juga.

24

Kemudian berbaliklah Trifon lalu pulang ke negerinya.

 

Yonatan dimakamkan di kota Modein

25

Maka Simon mengutus beberapa orang untuk mengambil jenazah adiknya Yonatan lalu dikuburkannya di kota Modein, kota nenek moyangnya.

26

Yonatan diratapi oleh seluruh Israel dengan ratapan besar. Berhari-hari lamanya mereka berkabung atas dia.

27

Kemudian Simon mendirikan sebuah tugu di atas makam bapa serta saudara-saudaranya dengan batu yang diupam di bagian depan dan di bagian samping. Tugu itu dijadikannya begitu tinggi sehingga kelihatan dari jauh.

28

Didirikannya pula tujuh buah limas -- yang satu berhadapan dengan yang lain -- untuk bapa, ibu dan keempat saudaranya.

29

Bagi limas-limas itu dibuatnya alas-alas dan di sekeliling ditempatkannya tiang-tiang besar. Sebagai kenang-kenangan abadi dipasangnya perlengkapan senjata pada tiang-tiang itu dan di dekat perlengkapan senjata itu diterapkannya kapal-kapalan, supaya dapat dilihat oleh semua orang yang berlayar di laut.

30

Demikianlah makam yang oleh Simon dibuat kota Modein dan yang masih ada hingga dewasa ini.

 

Sikap rela Demetrius II terhadap Simon

31

Tetapi Trifon berkhianat kepada raja Antiokhus yang muda, yang dibunuh olehnya.

32

Ia sendiri menjadi raja akan gantinya dan dipasangnya mahkota kerajaan Asia di atas kepalanya. Didatangkan olehnya bala besar kepada seluruh negeri itu.

33

Dalam pada itu Simon membangun berbagai benteng di negeri Yudea dan didirikannya menara-menara yang tinggi serta tembok besar di sekelilingnya dan lagi dipasangnya pintu gerbang dan palang pintu. Ditimbunnya pula persediaan makanan di dalam benteng-benteng itu.

34

Simonpun memilih juga beberapa orang yang diutusnya kepada raja Demetrius, supaya raja sudi memberikan penghapusan pajak kepada wilayahnya. Sebab semua tindakan Trifon adalah perampasan belaka.

35

Oleh raja dikirim pesan ini kepada Simon. Raja menjawab dengan menulis surat berikut ini:

36

"Raja Demetrius kepada Simon, imam besar dan sahabat para raja, dan kepada kaum tua-tua dan bangsa Yahudi, salam!

37

Karangan keemasan dan palem yang telah kamu kirim itu telah kami terima juga. Kami bersedia untuk mengadakan perdamaian dengan kamu dan menulis kepada para penjabat, agar penghapusan pajak itu diberikan oleh mereka.

38

Apa yang telah kami tetapkan untuk kamu tetap tinggal demikian. Juga semua benteng yang telah kamu bangun itu menjadi milikmu.

39

Kami menghapus kekhilafan dan kesalahan yang dilakukan hingga hari ini dan juga sumbangan yang masih harus kamu bayar. Dan jikalau masih ada bea lainnya yang ditarik dari Yerusalem, maka tidak akan ditarik lagi.

40

Jika ada di antaramu beberapa orang yang pantas dimasukkan ke dalam daftar pengawal pribadi kami, maka mereka akan didaftarkan juga. Antara kita haruslah ada kedamaian."

41

Dalam tahun seratus tujuh puluh kuk bangsa-bangsa asing telah diambil dari Israel.

42

Dari sebab itu rakyat mulai menulis dalam naskah-naskah dan surat-surat perjanjian: Dalam tahun kesatu Simon, imam besar yang agung, panglima dan penguasa orang-orang Yahudi.

 

Simon merebut kota Gezer

43

Pada waktu itu Simon berkemah di depan kota Gezer. Kota itu dikepungnya dengan semua balanya. Dibuatnyalah menara penggempur yang didekatkannya kepada kota itu. Salah satu menara diretas olehnya, lalu direbutnya.

44

Maka orang-orang yang ada di menara penggempur itu meloncat ke dalam kota dan terjadilah kegemparan besar di kota itu.

45

Lalu penduduk kota bersama dengan isteri-isteri dan anak-anak naik ke atas tembok dan sambil mengoyak pakaiannya berseru dengan suara lantang minta kepada Simon, supaya berdamai dengan mereka.

46

Kata mereka: "Janganlah memperlakukan kami setimpal dengan kejahatan kami, melainkan sesuai dengan belas kasihanmu."

47

Maka Simon berdamai dengan mereka dan tidak memerangi mereka. Tetapi mereka diusirnya dari kota. Semua rumah kota yang di dalamnya ada tempat berhala ditahirkan olehnya. Demikian Simon memasuki kota itu seraya melambungkan nyanyian dan lagu pujian.

48

Segala sesuatunya yang najis dikeluarkannya dari kota lalu orang-orang yang menepati hukum Taurat dibuatnya mendiaminya. Kemudian kota itu diperkokoh oleh Simon dan iapun membangun juga perumahan bagi dirinya di dalamnya.

 

Simon merebut Puri di Yerusalem

49

Dalam pada itu pasukan pendudukan puri di Yerusalem dihalangi untuk masuk ke pedalaman dan untuk jual beli. Dari sebab itu mereka sangat merana, bahkan sejumlah orang dari antara mereka mati kelaparan.

50

Maka berserulah mereka kepada Simon untuk berdamai dengan mereka. Dan permintaan itu dikabulkan olehnya. Tetapi diusirnyalah mereka dari situ dan kemudian ditahirkannya puri itu dari segenap penodaan.

51

Pada tanggal dua puluh tiga bulan kedua tahun seratus tujuh puluh satu maka Simon memasuki puri itu dengan kidung dan daun palem, diiringi dengan kecapi dan dandi, sambil menyanyikan madah dan gita. Sebab musuh besar Israel sudah digempur.

52

Simon menetapkan juga, bahwa hari itu tiap-tiap tahun harus dirayakan dengan sukacita. Gunung Bait Suci di dekat puri itu diperkokoh olehnya. Kemudian ia sendiri serta keluarganya menetap di situ.

53

Karena melihat bahwa anaknya Yohanes sudah menjadi dewasa maka Simon mengangkat dia menjadi pemimpin seluruh angkatan perangnya. Yohanes menetap di kota Gezer.