search

1 Makabe 7

Demitrius menjadi raja dan mengutus Bakhides dan Alkimus ke Yehuda

1

Dalam tahun seratus lima puluh satu Demetrius putera Seleukus lolos dari Roma. Dengan orang sedikit ia mendarat di salah satu kota di pantai lalu menjadi raja di situ.

2

Ketika istana nenek moyangnya dimasukinya maka pasukan menangkap Antiokhus dan Lisias untuk dibawa ke hadapan Demetrius.

3

Perkara itu ketahuan oleh Demetrius lalu berkatalah ia: "Muka orang-orang itu jangan diperlihatkan kepadaku!"

4

Kemudian Antiokhus dan Lisias dibunuh oleh pasukan itu dan Demetrius menduduki takhta kerajaannya.

5

Maka datanglah para penjahat dan para fasik dari Israel menghadap raja. Mereka diketuai oleh Alkimus, oleh karena ia ingin menjadi imam besar.

6

Mereka menuduh bangsanya sendiri di hadapan raja, katanya: "Yudas serta saudara-saudaranya telah membasmi semua sahabat baginda. Kami sendiri telah diusirnya dari negeri kami.

7

Sudilah kiranya baginda sekarang mengutus seseorang yang dipercayai baginda untuk meninjau segenap pembasmian yang telah ditimpakan Yudas kepada diri kami serta kepada wilayah baginda. Baiklah utusan baginda itu menghukum mereka serta semua orang yang membantunya."

8

Lalu raja memilih Bakhides, salah seorang dari kalangan sahabat raja. Adapun Bakhides itu adalah mangkubumi di seberang sungai dan orang terbesar di seluruh kerajaan lagi setia kepada raja.

9

Jadi Bakhides itu dan Alkimus, si fasik yang telah dianugerahi keimaman besar, diutus oleh raja. Kepada mereka diperintahkannya membalas dendam kepada orang Israel.

10

Mereka berangkat dan pergi ke negeri Yudea dengan banyak pasukan. Bakhides mengutus beberapa pesuruh kepada Yudas serta saudara-saudaranya dan dengan tipu daya berbicara tentang perdamaian.

11

Tetapi melihat bahwa mereka datang dengan banyak pasukan maka perkataan mereka tidak dihiraukan oleh Yudas.

12

Namun demikian, sejumlah besar ahli Kitab berhimpun pada Alkimus dan Bakhides untuk mencari keadilan.

13

Adapun yang pertama-tama dari orang Israel minta berdamai dengan mereka ialah Kaum Mursid.

14

Pikir mereka: "Seorang imam dari keturunan Harun telah datang bersama dengan pasukan itu. Niscaya ia tidak akan berlaku lalim terhadap kita."

15

Bakhidespun berbicara secara ramah dengan orang-orang itu, bahkan bersumpah kepadanya sebagai berikut: "Kami tidak mencari yang jahat bagi kamu serta semua sahabatmu."

16

Mereka percaya kepadanya. Tetapi ia menyuruh tangkap enam puluh orang dari kalangan mereka dan pada satu hari juga dibunuhnya semua, sesuai dengan perkataan yang tersurat ini:

17

"Mayat orang-orang yang kaukasihi dan darah mereka ditumpahkan sekeliling Yerusalem, dengan tidak ada yang menguburkan mereka."

18

Karena itu ketakutan dan gentar menghinggapi segenap rakyat, sebab pikirnya: "Pada mereka tidak ada kebenaran dan keadilan, sebab jaminan dan sumpah yang telah mereka angkat dilanggar mereka."

19

Kemudian Bakhides berangkat dari Yerusalem dan berkemah di Betzeta. Disuruhnya tangkapi banyak orang yang sudah membelot kepadanya dan juga sejumlah orang dari kalangan rakyat untuk digorok dan dibuang ke dalam penadah besar itu.

20

Wilayah itu diserahkannya kepada Alkimus yang ditinggalinya pasukan untuk membantu dia. Bakhides sendiri kembali kepada raja.

21

Adapun Alkimus terus bersaingan untuk merebut martabat imam besar.

22

Semua pengganggu bangsanya sendiri berkumpul pada Alkimus. Ia berhasil menguasai tanah Yudea dan bala besar didatangkannya kepada Israel.

23

Yudas melihat segala kejahatan yang dilakukan Alkimus serta pengikut-pengikutnya terhadap Israel melebihi yang dilakukan bangsa-bangsa lain.

24

Maka dijelajahinya seluruh daerah Yudea dan membalas dendam kepada orang-orang yang telah membelot. Dengan demikian mereka dihalangi untuk berkeliling di daerah itu.

25

Ketika Alkimus menjadi tahu bahwa Yudas serta anak buahnya semakin kuat maka diinsafinya bahwa tidak dapat bertahan terhadap mereka. Maka dari itu kembalilah ia kepada raja dan dituduhkannya kepada mereka kejahatan besar.

 

Nikanor di Yehuda - Pertempuran di dekat Kafarsalama

26

Kemudian raja mengutus Nikanor, salah seorang panglimanya yang terkemuka dan seorang pembenci serta musuh Israel. Kepadanya diperintahkan menumpas bangsa itu.

27

Maka datanglah Nikanor ke Yerusalem dengan banyak pasukan. Dengan tipu daya disampaikannya usul perdamaian ini kepada Yudas serta saudara-saudaranya:

28

"Antara aku dan kamu janganlah ada peperangan. Aku mau datang dengan beberapa orang saja untuk mengadakan kunjungan persahabatan pada kamu."

29

Lalu datanglah ia mendapatkan Yudas. Mereka bersalam-salaman dengan ramah. Tetapi seteru-seteru bersiap-siap untuk menculik Yudas.

30

Akan tetapi ketahuan oleh Yudas bahwa Nikanor datang kepadanya dengan tipu daya. Maka Yudas takut-takut dan tidak mau melihat mukanya lagi.

31

Nikanor mengerti juga bahwa maksudnya sudah terbuka. Maka ia keluar menyongsong Yudas untuk bertempur di dekat Kafarsalama.

32

Di pihak Nikanor lebih kurang lima ratus orang tewas, sedangkan lain-lainnya melarikan diri ke dalam Kota Daud.

 

Bait Allah terancam

33

Sesudah kejadian-kejadian itu Nikanor naik ke gunung Sion. Beberapa orang dari antara para imam dan dari antara kaum tua-tua rakyat keluar dari Tempat Suci menyambut dia dengan ramah. Pun pula diperlihatkan kepadanya korban bakaran yang dipersembahkan untuk raja.

34

Tetapi mereka dicemoohkan, ditertawakan dan dinodai oleh Nikanor yang berbicara dengan congkaknya.

35

Dengan geram ia bersumpah: "Jika Yudas serta balanya tidak segera diserahkan ke dalam tanganku, niscaya Rumah ini akan kubakar habis segera setelah aku kembali lagi dengan selamat!" Lalu ia keluar dengan sangat geram.

36

Para imam masuk lagi ke dalam lalu berdiri di depan mezbah serta Bait Allah. Dengan tangisan berkatalah mereka:

37

"Rumah ini telah Kaupilih, supaya disebut menurut nama-Mu dan supaya menjadi rumah sembahyang dan doa bagi umat-Mu.

38

Sudilah kiranya Kaubalas dendam kepada orang itu dan kepada bala tentaranya! Semoga mereka tewas karena pedang! Ingatlah kepada hujatan mereka dan jangan membiarkan mereka tetap hidup."

 

Hari naas bagi Nikanor di Daerah Adasa

39

Adapun Nikanor keluar dari Yerusalem lalu berkemah di Bet-Horon. Bala tentara dari daerah Siriapun bergabung dengannya.

40

Yudas berkemah di desa Adasa dengan tiga ribu orang. Maka Yudas bersembahyang, katanya:

41

"Ketika dahulu penjabat-penjabat seorang raja menghujat maka tampillah malaikat-Mu yang menghantam seratus delapan puluh lima ribu orang dari antara mereka.

42

Demikianpun hari ini sudilah menggempur bala ini di hadapan kami. Niscaya semua orang yang masih tersisa akan mengetahui bahwa Nikanor telah berbicara jahat terhadap Tempat Suci-Mu. Sudilah mengadili dia setimpal dengan kejahatannya."

43

Kedua bala itu mulai bertempur pada tanggal tiga belas bulan Adar. Bala Nikanor digempur. Ia sendiri yang sebagai yang pertama tewas dalam pertempuran itu.

44

Melihat Nikanor sudah tewas balanya melarikan diri sambil melemparkan senjatanya.

45

Mereka dikejar sejauh satu hari berjalan dari Adasa sampai ke tapal batas kota Gezer. Orang-orang Yahudi meniupi terompet di belakang mereka.

46

Maka penduduk semua tempat di daerah Yehuda keluar menyergap mereka pada sisi-sisi mereka. Maka musuh itu saling menyerang. Semua ditewaskan dengan pedang dan tidak ada seorangpun dari mereka yang masih tersisa.

47

Barang rampasan serta jarahan diambil, sedangkan kepala Nikanor dan tangannya yang pernah diacungkan dengan congkak dipotong lalu dibawa serta dan digantungkan di dekat Yerusalem.

48

Rakyat sangat bersukacita dan hari itu dirayakan sebagai hari sukacita besar.

49

Merekapun menetapkan pula bahwa tiap-tiap tahun hari itu akan mereka rayakan pada tanggal tiga belas bulan Adar.

50

Beberapa lamanya negeri Yehuda tenteram.