• Dorothea

    Santa Dorothea

    Perayaan 6 Februari

    Kisah Santa Dorothea ditemukan dalam buku Martyrologium Hieronymianum (Buku daftar para Martir Kristus yang ditulis oleh Santo Hieronimus). Dalam buku ini hanya tercatat tiga fakta tentang perawan dan martir Kristus ini.  Yaitu hari kemartiran, tempat kemartiran, dan namanya : Dorothea; yang disebut menjadi martir bersama Santo Theophilus. 

  • Maria Pak K’un-agi

    Santa Maria Pak K’un-agi

    Perayaan 3 September - 20 September (Pesta Para Martir Korea)

    Santa Maria Pak K’un-agi adalah kakak dari Santa Lusia Pak Hui-sun yang menerima mahkota kemartiran empat bulan setelah kemartiran  adiknya Lusia Pak Hui-sun.

  • Sebastianus

    Santo Sebastianus

    Perayaan 20 Januari

    Nama Santo Sebastianus telah dikenal luas sejak masa Gereja Perdana. Ia adalah seorang perwira tentara Romawi yang terkenal karena kegagahan dan kebaikan hatinya. Pada masa penganiayaan Kaisar Diokletianus, perwira Sebastianus tidak mau mengingkari iman Kristianinya. Karena itu ia ikut  ditangkap dan dianiaya dengan sangat mengerikan.

  • Oliver Plunkett

    Santo Oliver Plunkett

    Perayaan 1 Juli - 10 Juli di beberapa wilayah Irlandia

    Santo Oliver Plunkett adalah seorang Jesuit, Uskup Agung Armagh dan Primat Irlandia yang tewas sebagai martir di Inggris pada masa reformasi Anglikan.

  • Martha dari Persia

    Santa Martha dari Persia

    Perayaan 19 Januari - 16 January (dalam Jerusalem Martyrology)

    Santa Martha dari Persia adalah isteri dari Santo Marius, seorang bangsawan Romawi yang menjadi martir Kristus pada masa penganiayaan kaisar Claudius II di akhir abad ke-3. 

Kalender Para Kudus

Bulan Januari

Pilih Topik