Indonesian Indonesian
  • Michael Garicoïts

    Santo Michael Garicoïts

    Perayaan 14 Mei

    Michel Garicoïts lahir pada tanggal 15 April 1797 di Saint-Just-Ibarre sebuah desa kecil di prefektur Bordeaux, di dekat perbatasan Perancis - Spanyol.  Ia adalah anak sulung dari enam buah hati pasangan Arnaud Garicoïts dan Gratianne Etchéverry.

  • Dorothea

    Santa Dorothea

    Perayaan 6 Februari

    Kisah Santa Dorothea ditemukan dalam buku Martyrologium Hieronymianum (Buku daftar para Martir Kristus yang ditulis oleh Santo Hieronimus). Dalam buku ini hanya tercatat tiga fakta tentang perawan dan martir Kristus ini.  Yaitu hari kemartiran, tempat kemartiran, dan namanya : Dorothea; yang disebut menjadi martir bersama Santo Theophilus. 

  • Robertus Molesme

    Santo Robertus Molesme

    Perayaan 29 April
    17 April (sebelumnya)
    26 Januari (Founders of the Cistercians)

    Santo Robertus dari Molesme adalah pendiri Ordo Cistercian. Ia berasal dari keluarga bangsawan Perancis dan lahir sekitar tahun 1024 di Champagne, Perancis.  Ketika berusia 15 tahun, Robertus masuk Ordo Benediktin di Biara Montier-la-Celle, dekat Troyes.

  • Andreas Chong Hwa Gyong

    Santo Andreas Chong Hwa Gyong

    Perayaan 23 Januari - 20 September (Pesta Para Martir Korea)

    Santo Andreas Chong Hwa-Gyong adalah salah seorang dari Para Martir Korea. Ia adalah seorang katekis awam yang bekerja di Vikariat Apostolik Korea. Saat umat Kristen di Korea mengalami penganiayaan, Andreas menyediakan rumahnya sebagai safe house bagi saudara-saudara Kristiani-nya yang sedang dikejar-kejar oleh pasukan pemerintah.

  • Felisianus

    Santo Felisianus

    Perayaan 9 Juni

    Santo Felicianus dan saudaranya Santo Primus adalah martir-martir gereja perdana yang menjadi saksi Kristus pada masa penganiayaan kaisar Diokletianus. Kakak beradik ini berasal dari keluarga kafir di kota Roma. Meskipun mereka masih kafir, namun mereka dikenal sebagai orang baik-baik yang disenangi banyak orang. Semenjak kecil, Primus dan Felicianus hidup di lingkungan kafir dan dididik oleh guru-guru kafir pula.

Pilih Topik