• Empat-puluh Martir Sebaste

    Empat-puluh Martir Sebaste

    Perayaan 10 Maret

    “Empatpuluh martir Sebaste”  adalah 40 orang prajurit Kristen anggota pasukan Legio XII atau Legio Fulminata (Pasukan Gerak Cepat / Pasukan khusus) bala tentara kekaisaran Romawi yang dihukum mati karena menolak perintah kaisar Lucinius untuk murtad.

  • Yohanes Berchmans

    Santo Yohanes Berchmans

    Perayaan 26 November

    Yohanes Berchmans berasal dari Belgia. Pada masa mudanya ia pernah mengatakan,  “Jika aku tidak menjadi kudus ketika aku masih muda, maka aku tidak akan pernah menjadi kudus.”  Sesungguhnya begitulah yang kemudian terjadi.  Yohanes meninggal pada usia yang masih muda, yaitu duapuluh dua tahun,  dan tanpa perlu diragukan, ia telah berhasil mencapai harapannya untuk menjadi seorang yang kudus bagi Yesus.

  • Yohanes Krisostomus

    Santo Yohanes Krisostomus

    Perayaan 13 September

    Santo Yohanes Krisostomus lahir di Antiokhia pada tahun 349.  Ayahnya, yang adalah seorang perwira tinggi militer, meninggal beberapa waktu setelah ia dilahirkan. Karena itu ia dibesarkan oleh ibunya yang bernama Anthusa. Anthusa adalah seorang wanita kristen yang saleh dan bijaksana. Ia sangat memperhatikan pendidikan putra dan putrinya. Ia mengusahakan agar mereka memperoleh pendidikan dari guru-guru terbaik pada masa itu. 

  • Dorothea

    Santa Dorothea

    Perayaan 6 Februari

    Kisah Santa Dorothea ditemukan dalam buku Martyrologium Hieronymianum (Buku daftar para Martir Kristus yang ditulis oleh Santo Hieronimus). Dalam buku ini hanya tercatat tiga fakta tentang perawan dan martir Kristus ini.  Yaitu hari kemartiran, tempat kemartiran, dan namanya : Dorothea; yang disebut menjadi martir bersama Santo Theophilus. 

  • Porphyrius

    Santo Porphyrius

    Perayaan 26 Februari

    Porphyrius dilahirkan pada abad kelima dalam keluarga bangsawan yang kaya. Ia meninggalkan keluarganya ketika ia berusia duapuluh lima tahun. Porphyrius pergi ke Mesir untuk menggabungkan diri dalam sebuah pertapaan. Setelah lima tahun, ia mengadakan perjalanan ke Yerusalem. Ia ingin mengunjungi tempat-tempat di mana Yesus pernah berada semasa hidup-Nya di dunia.

Kalender Para Kudus

Bulan Mei

Pilih Topik