Indonesian Indonesian
Antonius Neyrot

Beato Antonius Neyrot

Antoine Neyrot

Antonius Neyrot

Beato Antonius Neyrot

Antoine Neyrot




Beato Antonius Neyrot lahir pada tahun i425, di Rivoli, Piedmont, Italia utara. Ia menggabungkan diri dalam Ordo Dominikan di Florence, Italia yang saat itu di pimpin oleh seorang suci yang kelak bergelar Santo, yakni Santo Antoninus (Santo Antonius dari Florence). Santo Antoninus membawa pengaruh besar pada Antonius.

Antonius tengah berlayar dari Naples ke Sicilia ketika perompak menaklukkan kapalnya. Ia dibawa ke Tunisia dan dijual sebagai budak. Ia kemudian membeli kebebasannya dengan cara murtad, meninggalkan Gereja, menyangkal imannya akan Yesus Kristus, serta melupakan panggilan religius-nya sebagai seorang Biarawan Dominikan. Selama beberapa bulan ia hidup sebagai seorang muslim. Ia juga menikahi seorang wanita muslim.

Sementara itu, pemimpin biara Dominikan, St.Antoninus, wafat. Ketika Mendengar Peristiwa ini batin Antonius terguncang. Tampaknya suatu malam biarawan Dominikan yang murtad itu mendapatkan sebuah penglihatan. St.Antoninus menampakkan diri kepadanya. Percakapan di antara kedua orang ini menghantar pada perubahan radikal dalam diri Antonius. Ia sungguh menyesal telah murtad dan mengkhianati Tuhan. Ia menyadari bahwa dalam hati ia tidak pernah meninggalkan imannya kepada Yesus. Ia tahu bahwa ia tetaplah seorang Katolik. Dan ia masih seorang Biarawan Ordo Dominikan.

Antonius lalu memulangkan isterinya, lalu kembali mengenakan jubah Dominikan. Meski takut, ia pergi juga menghadap penguasa Tunisia. Melihat Antonius dengan jubah biarawan; khalayak ramai segera berkumpul dan sang Emir pun keluar. Di hadapan publik, Antonius mengakui bahwa ia telah melakukan suatu kesalahan besar. Ia adalah seorang Katolik. Ia percaya dan mengasihi Tuhan Yesus. Ia seorang Biarawan Dominikan dan ingin tetap demikian sepanjang hidupnya.

Awalnya Emir mencoba membujuk Antonius dengan menjanjikan ganjaran yang menggiurkan asalkan Antonius menarik kembali apa yang telah ia ucapkan. Tetapi Antonius menolak meski tahu bahwa ini berarti mati. Sang Emir menjadi amat murka. Ia lalu memerintahkan agar Antonius dirajam sampai mati.

Antonius berlutut dan mulai berdoa memohon pengampunan dan keberanian untuk menyerahkan nyawa demi Yesus. Kemudian ia merasakan batu-batu besar menimpuknya. Penduduk kota itu merajam Antonius namun ia terus berdoa memohon kekuatan agar tetap setia kepada Tuhan sampai kemudian ia jatuh tergeletak tak bernyawa. Antonius wafat sebagai martir  pada tahun 1460. Beberapa pedagang dari Genoa, Italia membawa jenazahnya kembali ke negeri asalnya.


  • Hits
    3065
  • Diterbitkan
    05 August 2013
  • Diperbaharui
    11 April 2017
  • Referensi
  • Tags
    Broeder - Dominikan - Italia - Martir - Tunisia

  • Arti nama

    Mungkin diturunkan dari bahasa Yunani Greek ανθος (anthos) yang berarti "Bunga"

    Variasi Nama

    Anthony (English), Antoine, Antwan (African American), Antonius (Ancient Roman), Andoni, Antton (Basque), Anton, Andon, Doncho (Bulgarian), Antoni (Catalan), Anton, Antonijo, Antonio, Antun, Ante, Anto, Tonči, Tonći, Toni (Croatian), Anton (Danish), Anton, Antoon, Antonie, Antonius, Teun, Teunis, Theun, Theunis, Ton, Toon (Dutch), Antono, Anĉjo (Esperanto), Anton, Tõnis (Estonian), Anton, Anttoni, Toni (Finnish), Antoine (French), Antón (Galician), Anton (German), Antonios, Antonis (Greek), Anakoni, Akoni (Hawaiian), Antal, Tóni (Hungarian), Anton (Icelandic), Antonio, Antonello, Tonino, Tonio (Italian), Antoon (Limburgish), Antanas (Lithuanian), Anton, Antonij, Andon, Doncho (Macedonian), Anton (Norwegian), Antoni (Polish), António, Toninho (Portuguese), Antônio (Portuguese (Brazilian)), Anton (Romanian), Anton (Russian), Antonije, Anto (Serbian), Anton, Tone (Slovene), Antonio, Toño (Spanish), Anton (Swedish), Anton (Ukrainian)
     
    Bentuk Pendek : Anton, Tony
     
    Bentuk Feminim : Antonia

    Pilih Topik