Indonesian Indonesian
Beato Michele Rua

Beato Michele Rua

Michael Rua, Don Rua

( Photo : Saint John Bosco and Blessed Michele Rua in Barcellona Spain 1886 )

Beato Michele Rua

Beato Michele Rua

Michael Rua, Don Rua




Beato Michele Rua lahir di lingkungan kumuh pinggiran kota Turin Italia pada tanggal 9 Juni 1837. Ia adalah anak bungsu dari sembilan bersaudara putra-putri pasangan Giovanni Battista dan Giovanna Maria Rua. Ayahnya meninggal pada saat ia berumur delapan tahun dan ia dibesarkan oleh ibunya di apartemen kecil dekat pabrik senjata tempat ayahnya dulu bekerja. Demi membantu ibunya, Michele kecil kerap ikut bekerja di pabrik.

Michele Rua bersekolah di Oratorium don Bosco, sekolah khusus bagi kaum miskin papa yang didirikan oleh Santo Yohanes Bosco (Don Bosco). Kecerdasan dan kesucian hidup anak yatim ini memikat hati Don Bosco. Kelak Michele menjadi orang pertama tempat Don Bosco berbagi ide untuk mendirikan sebuah Serikat Religius. Michele juga menjadi salah seorang anggota pertama dari Serikat Religius yang saat ini dikenal dengan nama Salesian Don Bosco (SDB).

Dikisahkan; pada suatu pagi di tahun 1847, Don Bosco menyerahkan medali kepada anak-anak yang lewat dan mengulurkan tangan kirinya yang terbuka kepada Michele Rua. Dengan tangan kanannya Don Bosco membuat gerakan seolah-olah membelah dua tangan kirinya dan menawarkan setengahnya kepada Michele. Don Bosco berkata, "Ambillah!". Tapi Michele kebingungan dan menjawab, "Tapi ambil apa Don Bosco?". Don Bosco tidak menanggapinya sampai beberapa waktu kemudian ia memberi tahu Michele bahwa hidup mereka berdua akan saling terkait dalam melakukan pekerjaan bagi Tuhan. Setelah kejadian ini Don Bosco mengirim Michele ke Santo Yoseph Cafasso untuk memperoleh bimbingan rohani tingkat lanjut.

Pada tahun 1851 seorang saudara Michele bernama Luigi meninggal dunia. Tidak lama kemudian seorang saudaranya yang lain, Giovanni Battista juga meninggal dunia. Dalam kesedihannya Michele berkata kepada Don Bosco : "Setelah ini, Aku". Namun Don Bosco meyakinkannya bahwa dia masih akan hidup selama lima dekade lagi.

Michele Rua di tahbiskan menjadi seorang Diakon pada 24 Maret 1860 lalu menerima tahbisan imamat oleh Uskup Giovanni Balma pada tanggal 29 Juli 1860. Selama lebih dari tiga puluh tahun Don Rua (nama panggilan Michele Rua setelah menjadi imam) menjadi pembantu terdekat Don Bosco dalam upaya mereka mengembangkan Serikat Salesian.  

Sejak tanggal 20 Oktober 1863 Don Rua diangkat menjadi rektor Sekolah Oratorium di Mirabello, Oratorium pertama yang didirikan di luar kota Turin. Dua tahun kemudian ia kembali ke Turin sebagai Wakil rektor Oratorium Valdocco dan juga sebagai pemimpin majalah "Letture Cattoliche" (Bacaan Katolik). Kepulangannya ke Turin juga disebabkan oleh kondisi kesehatan Santo Yohanes Bosco saat itu dalam keadaan kritis. Don Bosco saat itu didiagnosa terkena radang peritonitis yang pada masa itu dianggap tidak dapat disembuhkan. Namun Don Bosco mengatakan kepada pengikutnya bahwa dia akan sembuh karena belum waktunya untuk berpulang.  Seminggu kemudian Don Bosco melawati masa kritis dan sembuh kembali.

Pada tahun 1872 Don Rua mendampingi Don Bosco membentuk Konggregasi Suster Salesian yang dan ditunjuk Direktur pertama dari Konggregasi Susteran ini.

Setelah kematian Santo Yohanes Bosco pada tahun 1888, Don Rua dengan dukungan penuh dari para Salesian, ditunjuk menjadi penggantinya. Pada tahun itu juga ia diundang ke Roma oleh Paus Leo XIII dalam sebuah Audiensi pribadi. Sri Paus meminta agar ia hendaknya mengkonsolidasikan semua Fondasi yang telah dibangun Yohanes Bosco sebelum mengembangkan Serikat Salesian keseluruh dunia.

Michele Rua diberi Julukan: “Si Aturan Hidup” karena kesederhanaan hidupnya dan kepatuhannya yang luar biasa pada setiap aturan. Dia juga dikenal akan pendekatannya yang lembut dan perhatiannya yang tulus pada kaum miskin papa.

Dibawah kepemimpinannya Serikat Salesian Don Bosco bertumbuh dengan sangat pesat. Pada tahun 1888 terdapat 773 orang Salesian, 57 Oratorium, dan 6 Provincial SDB. Don Rua secara luar biasa mengembangkan Serikat ini hingga memiliki lebih dari 4000 anggota Salesian, 345 Oratorium dan 34 Provincial SDB di 33 negara di seluruh dunia. Biara-biara baru mulai di buka seluruh penjuru Dunia dan Don Rua menjadi sering berpergian keluar negeri demi mengawasi perkembangan biara, Oratorium, dan berbagai karya cinta kasih yang dikerjakan para Salesian. Ia mengunjungi Prancis dan Belanda pada tahun 1890, dan mengunjungi Inggris pada tahun 1893. Pada tahun 1899 ia mengunjungi Aljazair dan Portugal, lalu mengunjungi Tunisia pada tahun 1900. Pada tahun 1904 ia mengunjungi Belgia, Swiss dan Polandia; lalu mengunjungi Malta pada tahun 1906.

Pada tahun 1908, dalam usia 71 tahun, Don Rua Michele berziarah ke Yerusalem. Ia tinggal beberapa lama di tanah suci lalu singgah di Austria dalam perjalanannya kembali ke Italia. Ia tiba dengan kelelahan di Italia dan sejak saat itu kesehatannya memburuk. Pada musim gugur tahun 1909 Don Rua jatuh sakit dan hanya terbaring ditempat tidur. Beberapa bulan kemudian ia tutup usia dengan tenang di pagi hari tanggal 6 April 1910. Hamba Tuhan ini di makamkan di Basilika Nostra Signora Aiuto dei Cristiani (Basilika Santa Maria Ausiliatrice / Basilika Santa Maria Penolong umat Kristiani) di kota Turin (Torino) Italia.

Pada tanggal 26 Juni 1953 Michele Rua diberi gelar Venerabilis oleh Paus Pius XII dan di beatifikasi oleh pada tanggal 29 Oktober 1972 oleh Paus Paulus VI.


  • Hits
    451
  • Diterbitkan
    25 January 2019
  • Diperbaharui
    03 November 2019
  • Referensi
  • Tags
    Italia - Salesian

  • Arti nama

    Ejaan Italia untuk nama : Michael

    Berasal dari nama Ibrani :  מִיכָאֵל (Mikha'el) yang berarti "Siapakah yang seperti Allah?"

    Variasi Nama

    Mikha'il (Arabic),  Mikel, Mitxel (Basque),  Michael (Biblical),  Michael, Mikhael (Biblical Greek),  Mikha'el (Biblical Hebrew),  Michael (Biblical Latin),  Mihail, Mikhail, Misho (Bulgarian),  Miquel (Catalan),  Myghal (Cornish),  Mihael, Mihovil, Miho, Mijo, Miško (Croatian),  Michael, Michal (Czech),  Michael, Mikael, Mikkel (Danish),  Maikel, Michaël, Michael, Michel, Michiel, Micha, Mick (Dutch),  Michael, Micheal, Mick, Mickey, Micky, Mike, Mikey (English),  Miĥaelo, Mikelo, Miĉjo (Esperanto),  Mihkel (Estonian),  Mikkjal (Faroese),  Mikael, Mika, Mikko, Miska (Finnish),  Michel, Michaël, Mickaël (French),  Mikheil, Misho (Georgian),  Michael, Micha, Michel, Michi (German),  Michail, Michalis, Mihail, Mihalis (Greek),  Mikala (Hawaiian),  Mikhael (Hebrew),  Mihály, Miksa, Misi, Miska (Hungarian),  Mícheál (Irish),  Mihails, Miķelis (Latvian),  Mykolas (Lithuanian),  Mihail (Macedonian),  Mikaere (Maori),  Michel (Medieval French),  Michael, Mikael, Mikkel (Norwegian),  Michał (Polish),  Miguel, Miguelito (Portuguese),  Mihai, Mihail, Mihăiță (Romanian),  Michail, Mikhail, Misha (Russian),  Mihkkal (Sami),  Mìcheal, Micheil (Scottish),  Mihailo, Mihajlo, Mijo, Miša, Miško (Serbian),  Michal (Slovak),  Mihael, Miha (Slovene),  Miguel, Miguelito (Spanish),  Michael, Mikael (Swedish),  Mikail (Turkish),  Mikhailo, Mykhailo, Mykhaylo, Mykhail (Ukrainian),  Meical (Welsh)


    Pilih Topik