Indonesian Indonesian
Priska

Santa Priska

Prisca of Rome

Priska

Santa Priska

Prisca of Rome





Santa Priska adalah seorang martir di abad pertama. Ia tinggal di kota Roma dan berasal dari keluarga bangsawan. Menurut legenda; ia menerima iman Kristen dan dibabtis oleh rasul Petrus.

Ketika kaisar Klaudius (kaisar Romawi sejak 24 Januari 41 – 13 Oktober 54) mulai menganiaya umat Kristen, Santa Prisca yang saat itu masih berusia tiga belas tahun ditangkap oleh para serdadu. Ia diperintahkan untuk murtad dengan cara menghaturkan persembahan bagi dewa Apollo. Remaja putri ini dengan tegas menolak untuk melakukan kekejian tersebut. Karena itu ia lalu dihukum mati setelah terlebih dahulu mengalami penyiksaan yang mengerikan.

Jenazahnya dimakamkan di sebuah katakombe dekat tempat kemartirannya, di Via Salaria Roma. Pada abad ke-4 atau ke-5 relikwinya dipindahkan ke sebuah gereja yang dibangun di dekat tempat tersebut. Gereja tersebut masih berdiri hingga saat ini dan dikenal dengan nama Gereja Tirtular Santa Priska di Aventine Hill Roma.(qq)


  • Hits
    3196
  • Diterbitkan
    13 March 2017
  • Diperbaharui
    09 April 2019
  • Referensi
  • Tags
    Italia - Martir - Orang kudus gereja perdana

  • Arti nama

    Prisca adalah bentuk Feminim dari nama Romawi Priscus yang berarti : "Tua, Kuno, Terhormat" 

    Variasi Nama

    Priska, Priskilla (Biblical Greek), Cece, Cissy, Pris, Priscilla, Prissy, Sissie, Sissy (English), Priscilla, Prischiella (French), Priska (German), Priscilla, Scilla (Italian), Priscila (Portuguese), Priscila (Spanish)

    Bentuk Pendek : 

    Cece, Pris, Prissy, Sissy, Cissy, Sissie (English), Scilla (Italian)

    Bentuk Maskuin :

    Priscus (Latin)


    Pilih Topik