Indonesian Indonesian
Viktor I

Santo Paus Viktor I

Paus ke-14

Viktor I

Santo Paus Viktor I

Paus ke-14




Hanya terdapat sedikit informasi tentang kehidupan Paus Viktor I sebelum ia terpilih menjadi Paus ditahun 189. Ia diketahui berasal dari Provinsi Romawi di Afrika Utara, kemungkinan di Tripolitania (sekarang Tripoli – Libya).  Paus Viktor I adalah Paus kita yang ke-14 dan merupakan Paus pertama yang berasal dari Afrika.

Dalam masa kepausannya yang berlangsung selama sepuluh tahun, Paus Viktor I berjuang untuk menyeragamkan perayaan Paskah di Asia dan Afrika dengan tata ibadat Paskah Ritus Romawi yang menggunakan bahasa Latin. Ia juga menetapkan bahwa Sakramen Babtis dapat diberikan dengan air biasa apabila tidak terdapat air baptis.

Paus Viktor I juga harus berjuang mempertahankan iman Kristiani akibat merebaknya ajaran bidaah Gnotisisme dan Monarkianisme. Ia menjatuhkan hukuman ekskomunikasi terhadap Theodotus dari Bizantium (Theodotus the Leather seller) karena mengajarkan kepada para pengikutnya bahwa Yesus hanyalah seorang manusia biasa yang memiliki kekuatan supranatural akibat pembabtisan.

Catatan Santo Hieronimus menyatakan bahwa Paus Viktor I adalah orang pertama yang menulis tentang Teologi Kristen dalam bahasa Latin. Sayangnya, hanya tulisan beliau tentang pengaturan paskah  yang masih bisa diketemukan.

Santo Paus Viktor I  wafat sebagai martir pada tahun 199 di masa pemerintahan Kaisar Septimus Severus.


  • Hits
    2579
  • Diterbitkan
    04 August 2016
  • Diperbaharui
    28 June 2017
  • Referensi
  • Tags
    Afrika - Italia - Libya - Orang kudus gereja perdana - Paus

  • Arti nama

    Viktor = Pemenang / penakluk (Latin)

    Variasi Nama

    Victor (English), Vítor (Portuguese), Viktor (Swedish), Bittor (Basque), Viktor (Bulgarian), Víctor (Catalan), Viktor (Croatian), Viktor (Czech), Viktor (Danish), Vitor (Galician), Viktor (German), Viktor (Hungarian), Viktor (Icelandic), Vittore (Italian), Viktoras (Lithuanian), Viktor (Macedonian), Viktor (Norwegian), Wiktor (Polish), Viktor, Vitya (Russian), Viktor (Serbian), Viktor (Slovak), Viktor (Slovene), Víctor (Spanish), Viktor (Ukrainian), Gwythyr (Welsh)

    Bentuk Pendek : Vic (English)

    Bentuk Feminim :

    Victoria (English), Viktoria (German), Viktoria (Swedish), Viktoria (Norwegian), Viktoria (Danish), Latoya (African American), Toya (American (Hispanic)), Viktoriya (Bulgarian), Viktorija (Croatian), Viktorie (Czech), Victoire (French), Wikolia (Hawaiian), Viktória (Hungarian), Vittoria (Italian), Viktorija (Lithuanian), Viktorija (Macedonian), Wiktoria (Polish), Vitória (Portuguese), Viktoriya (Russian), Viktória (Slovak), Viktorija (Slovene), Viktoriya (Ukrainian)

    Bentuk Pendek Feminim : Tori, Toria, Tory, Vic, Vicki, Vickie, Vicky, Vikki (English)


    Pilih Topik