Indonesian Indonesian
Yakobus Alberione

Beato Yakobus Alberione

Giacomo Alberione, James Alberione
Founder of the Society of St.Paul, The Daughters of St.Paul, The Pious Disciples of the Divine Master,
The Sister of Jesus the Good Shepherd, The Sisters of Mary Queen of the Apostles, and other religious institutes, which form the Pauline Family

Yakobus Alberione

Beato Yakobus Alberione

Giacomo Alberione, James Alberione
Founder of the Society of St.Paul, The Daughters of St.Paul, The Pious Disciples of the Divine Master,
The Sister of Jesus the Good Shepherd, The Sisters of Mary Queen of the Apostles, and other religious institutes, which form the Pauline Family




Yakobus (Giacomo) Alberione lahir pada tanggal 4 April 1884, di San Lorenzo, Fossano (Cuneo), Italia. Ia adalah anak keempat dari enam orang bersaudara, putera-putri pasangan petani yang bersahaja, Michael dan Teresa Alberione.  Pada usia enam belas, Yakobus mampu masuk Seminari Alba, atas bantuan finansial dari seorang pamannya yang juga bernama Yakobus. Bersama ayahnya, Yakobus berangkat ke seminari dengan mengendarai gerobak sapi. Kepala Seminari Alba saat itu adalah "Venerabilis" Francesco Chiesa.

Pada malam tanggal 31 Desember 1900, malam peralihan dari abad -19 ke abad- 20, Yakobus berdoa selama lima jam dihadapan Sakramen Mahakudus dan merenungkan masa depan, dan mendapat panggilan Tuhan untuk berkarya bagi masyarakat di milenium baru.

Alberione ditahbiskan menjadi imam pada tanggal 29 Juni 1907 pada hari Pesta Santo Petrus dan Paulus. Ia kemudian mendapat tugas sebagai pastor paroki di Narzole di Sebelah selatan Torino. Ia menjalankan tugas pastoralnya dengan penuh pengabdian sembari melanjutkan studi Teologi.  Studinya selesai pada tahun 1908 dan ia pun menerima gelar doktor dalam bidang Teologi.  Pada tahun itu juga Yakobus Alberione ditunjuk sebagai pembimbing rohani para seminaris di Seminari Alba.

Pada tanggal 20 Agustus 1914 Yakobus Alberione mendirikan kongregasi religiusnya yang pertama yang bernama “Society of Saint Paul”.  Setahun kemudian, tepatnya pada 15 Juni 1915, ia mendirikan Konggregasi Suster “Putri Putri Santo Paulus” bersama Venerabilis  Mother Tecla Merlo.  

Yakobus Alberione total mendirikan sepuluh kongregasi religius, Institusi Rohani, dan Serikat Persaudaraan awam. Kongregasi-kongregasi yang didirikannya berkarya dalam berbagai karya sosial dan menerapkan penggunaan teknologi media modern dan menerbitkan materi-materi rohani untuk menyebarkan firman Tuhan.  

Beberapa Konggregasi dan Institusi yang didirikannya :

The Association of Pauline Cooperators è Didirikan pada tahun 1918.

The Pious Disciples of the Divine Master (PDDM)
Didirikan pada tahun 1924 bersama “Servant of God” Mother Maria Scolastica Rivata, sebuah komunitas Kontemplatif bagian dari Pauline Family yang para anggotanya secara khusus mendedikasikan diri dalam Adorasi kepada Sakramen Mahakudus, dan pelayanan dalam upacara-upacara Liturgi.

The Sisters of Jesus the Good Shepherd (juga dikenal sebagai : The "Pastorelle")
Didirikan pada tahun 1938 dan berkarya dalam berbagai aktivitas Sosial di Paroki dan melayani pendidikan Rohani.

The Sisters of Mary Queen of Apostles
Didirikan pada tahun 1957. Para Suster kongregasi  ini bekerja dan berdoa untuk panggilan dalam Pauline Family” dan Kehidupan Rohani.

The Institute of St. Gabriel the Archangel
Institusi Kerasulan awam untuk Kaum Pria bagian dari The Pauline Family. Didirikan pada tahun 1958.

The Institute of Mary of the Annunciation
Institusi Kerasulan Awam untuk Kaum Pria bagian dari “The Pauline Family”. Didirikan pada tahun 1958

The Institute of Jesus the Priest
Institusi imam-imam Diosesan yang mengadopsi spiritualitas “Pauline” dalam karya kerasulan mereka. Didirikan pada tahun 1959.

The Institute of the Holy Family
Institusi bagi para Keluarga Katolik. Didirikan pada tahun 1960.

Dalam Konsili Vatican II yang berlangsung pada 11 Oktober 1962 sampai 8 Desember 1965, Yakobus Alberione bertugas sebagai “Peritus” (ahli teologi), dan berpartisipasi dalam berbagai sesi tertutup di mana pasal-pasal keputusan Konsili di rumuskan.

Yakobus Alberione tutup usia karena sebab alami pada tanggal 26 November 1971 di Biara Konggregasi nya di Roma. Dia menerima kunjungan pribadi dari Paus Paulus VI satu jam sebelum ia jiwanya yang kudus kembali ke pangkuan Bapa di Surga. Jenasahnya dimakamkan di katakombe Basilika Santa Maria Ratu para Rasul di Roma.

Yakobus Alberione Beatifikasi oleh Paus Yohannes Paulus II pada tanggal 25 Juni 1996.(qq)


  • Hits
    1656
  • Diterbitkan
    31 October 2017
  • Diperbaharui
    19 November 2019
  • Referensi
  • Tags
    Italia - Pauline

  • Arti nama

    Berasal dari bahasa Latin : Iacomus; yang diturunkan dari bahasa Yunani Ιακωβος (Iakobos). Asli nya berasal dari nama Ibrani  יַעֲקֹב (Ya'aqov) yang berarti : Pemegang Tumit / Pengganti (Kej 25:26)

    Variasi Nama

    Jacob, James, Coby, Jae, Jake, Jamey, Jay, Jaycob, Jaymes, Jeb, Jem, Jemmy, Jim, Jimi, Jimmie, Jimmy, Koby (English), Jacob, Jakob (Dutch), Iacomus (Late Roman), Yakub, Yaqub (Arabic), Hagop, Hakob (Armenian), Jakes (Basque), Jacob, James (Biblical), Iakobos (Biblical Greek), Yaakov (Biblical Hebrew), Iacobus (Biblical Latin), Yakov (Bulgarian), Jaume, Jaumet (Catalan), Jago (Cornish), Jakov, Jakob, Jakša (Croatian), Jakub (Czech), Jacob, Jakob, Ib, Jeppe (Danish), Jaagup, Jaakob, Jakob, Jaak (Estonian), Jaakoppi, Jaakko, Jaska (Finnish), Jacques (French), Iago (Galician), Jakob (German), Iakopa, Kimo (Hawaiian), Yaakov, Yakov, Akiba, Akiva (Hebrew), Jakab, Jákob (Hungarian), Séamus, Shamus, Sheamus, Séamas (Irish), Giacobbe, Giacomo, Jacopo, Iacopo, Lapo (Italian), Jokūbas (Lithuanian), Jakov (Macedonian), Hemi (Maori), Jacob, Jakob (Norwegian), Jakub, Kuba (Polish), Jaime, Iago, Jacó (Portuguese), Yakov, Yasha (Russian), Hamish, Seumas (Scottish), Jakub (Slovak), Jakob, Jaka, Jaša (Slovene), Jacobo, Jaime, Yago (Spanish), Jacob, Jakob (Swedish), Yakup (Turkish), Yakiv (Ukrainian), Iago (Welsh), Kapel, Koppel, Yankel (Yiddish)

    BENTUK PENDEK : Cobus, Coos, Jaap, Kobus, Koos, Sjaak, Sjakie (Dutch)
    BENTUK FEMINIM : Jacoba, Jacobina, Jacobine (Dutch)


    Pilih Topik