Indonesian Indonesian
Emilia de Rodat

Santa Emilia de Rodat

Pendiri Kongregasi Suster Keluarga Kudus dari Villefranche

Emilia de Rodat

Santa Emilia de Rodat

Pendiri Kongregasi Suster Keluarga Kudus dari Villefranche




Marie Guillemette Emilie de Rodat atau yang dikenal sebagai Santa Emilia de Rodat lahir pada tanggal 6 September 1787 di Chateau Druelles, Rodez, Aveyron, di Perancis Selatan. Semenjak kecil dia dididik dan dibesarkan oleh neneknya di Villefranche-de-Rouergue. Setelah tamat pendidikan dasar, ia melanjutkan studinya di Maison SaintCyr, Villefranche. Disekolah asrama ini, Emilia dikenal sebagai seorang gadis yang periang dan penuh optimisme.

Pada usia 18 tahun, Emilia lulus dari Maison SaintCyr Villefranche. Namun ia tetap tinggal di Villefranche karena diminta untuk sebagai guru di sekolahnya tersebut. Dimasa ini pula Emilia mulai merasakan panggilan Tuhan untuk menjalani hidup religius. Ia menjawab Panggilan dengan sepenuh hati dan memutuskan untuk mempersembahkan hidupnya kepada Tuhan.

Sambil mengajar di Maison SaintCyr Villefranche, Emilia mulai berupaya mendirikan sekolah gratis bagi anak-anak dari keluarga miskin.  Sekolah ini mulai beroperasi pada tahun 1816 dengan 40 orang siswa dan mendapat dukungan penuh dari Abbe Marty, kepala sekolah Maison Saint-Cyr, Villefranche.

Pada tahun 1816 pula Emilia memutuskan untuk menjadi seorang biarawati. Ia tercatat pernah tinggal dalam tiga kongregasi suster yang berbeda sebelum akhirnya mendirikan sebuah kongregasi baru. Konggregasi yang ia dirikan diberi nama : “Kongregasi Suster Keluarga Kudus dari Villefranche”. Karya konggregasi ini di fokuskan pada bidang pendidikan, perawatan kesehatan dan pemeliharaan orang-orang miskin. Rumah biaranya didirikan di Aubin, dekat Rodez dan Suster Emilia  terpilih sebagai pimpinan yang pertama.

Konggregasi ini kemudian berkembang pesat. Dalam masa hidupnya, Suster Emilia berhasil membangun 38 biara dan lembaga amal yang berkarya merawat anak yatim-piatu, para gelandangan, para tahanan, membangun rumah jompo bagi para biarawan-biarawati dan bagi orang jompo umumnya. Para suster juga berkarya membantu wanita korban kekerasan  dan menyediakan rumah perlindungan bagi mereka.

Emilia tutup usia dengan tenang pada tanggal 19 September 1852. Ia di Beatifikasi pada tanggal 9 Juni 1940 oleh paus Pius XII dan dikanonisasi pada tanggal 23 April 1950 oleh paus yang sama.


  • Hits
    4049
  • Diterbitkan
    04 February 2017
  • Diperbaharui
    04 February 2017
  • Referensi
  • Tags
    Biarawati - Moeder - Perancis

  • Arti nama

    Emilia = Bentuk feminim dari nama Emilius.
    Emilius
    berasal dari bahasa Latin Aemulus  yang berarti :  "saingan"

    Variasi Nama

    Emily, Amilia, Emalee, Emely, Emilee (English), Aemilia (Ancient Roman), Emiliya (Bulgarian), Emilija (Croatian), Emílie (Czech), Emilia, Emilie (Danish), Emilia (Finnish), Émilie (French), Emilie (German), Emilia (Italian), Emīlija (Latvian), Emilija (Lithuanian), Emilija (Macedonian), Emilia, Emilie, Milly (Norwegian), Emilia (Polish), Emília (Portuguese), Emilia (Romanian), Emilija (Serbian), Emília (Slovak), Emilija (Slovene), Emilia (Spanish), Emelie, Emilia, Emilie, Milly (Swedish)

    Bentuk Pendek : Em, Emmie, Emmy, Millie, Milly


    Pilih Topik