Indonesian Indonesian
Luigi Monza

Beato Luigi Monza

Pendiri Konggregasi Istituto Secolare delle Piccole Apostole della Carità (Secular Institute of the Little Apostles of Charity)

Luigi Monza

Beato Luigi Monza

Pendiri Konggregasi Istituto Secolare delle Piccole Apostole della Carità (Secular Institute of the Little Apostles of Charity)




Beato Luigi Monza lahir dalam sebuah keluarga petani sederhana di kota Varese, Lombardi, Italia Utara pada tanggal 22 Juni 1898. Ia masuk seminari pada usia delapan belas tahun dan ditahbiskan menjadi imam Praja Keuskupan Agung Milan pada tanggal 19 September 1925. Pada tahun itu juga ia ditunjuk sebagai pastor pembantu di paroki Vedano Olona di Lombardi. Di Paroki ini pater Luigi Monza dikenal sebagai pembimbing kaum muda yang cakap.

Selama bertugas di Paroki Vedano Olona, Luigi Monza pernah ditahan di penjara setelah orang-orang Fasis menuduhnya merencanakan serangan terhadap hakim setempat. Namun ia dibebaskan empat bulan kemudian karena para Fasis tidak bisa membuktikan tuduhan mereka.

Pada tahun 1929 Luigi di pindahkan ke Paroki Saronno sebagai pastor pembantu dan pembimbing para pemuda. Pada tahun 1936 ia ditunjuk sebagai pastor paroki di Paroki Santo Yohanes di kota Lecco. Disini ia menjadi populer sebagai seorang imam yang murah hati dan selalu bersedia membantu para orang sakit dan orang miskin. Ketika perang Dunia II meletus, pater Luigi menghabiskan waktunya untuk merawat para korban perang sambil terus berupaya melindungi umat di parokinya dari kekejaman perang.

Pada tahun 1937 Luigi Monza mendirikan sebuah tarekat religius untuk mempromosikan misi pastoralnya dan memperjuangkan nasib orang miskin. Bersama anggota Tarekat  yang diberi nama : Istituto Secolare delle Piccole Apostole della Carità (Secular Institute of the Little Apostles of Charity), Luigi Monza berkarya memberikan bantuan pendidikan dan layanan kesehatan gratis bagi anak-anak miskin dan para penderita disabilitas. Saat ini karya Tarekat ini telah menyebar dari Italia sampai ke Sudan, Brasil, Ekuador, China, Maroko, dan Palestina.

Sambil membimbing perkembangan Tarekat yang didirikannya, Luigi tetap menjalankan tugasnya sebagai seorang pastor paroki yang sederhana. Ia tutup usia secara mendadak akibat serangan jantung pada tanggal 29 September 1954.  


  • Hits
    1876
  • Diterbitkan
    29 September 2017
  • Diperbaharui
    29 October 2017
  • Referensi
  • Tags
    Italia

  • Arti nama

    Luigi  =  Ejaan Italia  untuk nama Latin  “Ludovikus” yang berarti : “Kesatria”

     

    Variasi Nama

    Lodovico, Ludovico (Italian),  Chlodovech, Clodovicus, Ludovicus, Clovis, Hludowig (Ancient Germanic), Koldobika, Koldo (Basque), Loïc (Breton), Lluís (Catalan), Alojz, Alojzije (Croatian), Alois, Ludvík, Luděk (Czech), Ludvig (Danish), Lodewijk, Louis, Lowie, Ludo (Dutch), Aloysius, Lewis, Louis, Lou, Louie (English), Ludoviko, Luĉjo (Esperanto), Loïc, Louis, Ludovic, Clovis, Lou (French), Lois (Galician), Alois, Ludwig, Lutz (German), Alajos, Lajos (Hungarian), Lúðvík (Icelandic), Alaois (Irish), Ludis, Ludvigs (Latvian), Liudvikas (Lithuanian), Aloys, Aloysius (Medieval Occitan), Ludvig (Norwegian), Loís (Occitan), Alojzy, Ludwik (Polish), Aloísio, Luís, Luisinho (Portuguese), Luiz (Portuguese (Brazilian)), Alojz (Slovak), Alojz, Alojzij, Ludvik, Lojze (Slovene), Luis, Lucho (Spanish), Ludvig, Love, Ludde (Swedish)

    Bentuk Pendek : Gino, Luigino

    Bentuk Feminim  : Ludovica, Luigia, Luisa, Luigina


    Pilih Topik