A Catholic Online Directory

Santo-santa Gereja Katolik Bulan Januari

Luigj Prendushi
Luigj Prendushi

Beato Luigj Prendushi

Salah seorang dari 38 Martir Albania
  • Diterbitkan :
    30 Jun 2017
  • -
  • Diperbaharui :
    21 September 2020
  • -
  • Hits :
    3234



Beato Luigj Prendushi lahir di Shkoder di Albania pada tanggal 24 Januari 1896. Pada usia dua belas tahun ia pindah ke Italia dan masuk seminari menengah di Piedmont Torino dan Seminari Tinggi Sarvano Skarnafacio. Ia ditahbiskan menjadi imam pada 12 Maret 1921 dan kembali ke tanah airnya pada tahun yang sama.

Tiba di Albania, pater Luigj Prendushi berkarya sebagai imam praja Keuskupan Sapë, Albania dan ditugaskan sebagai pastor paroki di Ipeshkvninë. Paroki ini memiliki wilayah pelayanan yang cukup luas. Pater Luigj sering harus berkeliling mengunjungi umatnya dengan berjalan kaki selama berhari-hari. Umat di desa-desa terpencil seperti di Mazrek, Nënshat, Shllak, Dardhë, Koman, KACE, Narac, Shelqet akan selalu mengenang pater Lugj Prendushi, pastor paroki yang melayani mereka dengan penuh pengabdian.

Saat Rezim Komunis mulai berkuasa di Albania, pater Luigj Prendushi diminta uskupnya untuk mengungsi ke Italia. Ia menolak karena tidak ingin meninggalkan umat di parokinya. Ia ditangkap  tentara komunis pada tanggal 8 Desember 1946, atas tuduhan palsu yang selalu digunakan para komunis untuk menangkap para rohaniwan katolik, yaitu : menjadi mata-mata Vatikan. 

Pater Luigj Prendushi dieksekusi mati didepan umum pada tanggal 24 Januari 1947 di Shelqet, Shkodrë, Albania. Eksekusi didepan publik sering dilakukan Rezim Komunis untuk meneror umat Kristen dan mereka yang setia kepada Kristus.

Ia dibeatifikasi bersama 38 Martir Albania pada tanggal 5 November 2016 oleh Paus Fransiskus. Pestanya dirayakan pada tanggal 24 Januari sesuai hari kemartirannya; dan pada hari pesta bersama Para Martir Albania pada tanggal 5 November. (qq)  


Arti nama

Luigj :  Ejaan Albania untuk nama Latin :  Ludovikus  (arti :"Kesatria")

Variasi Nama

Loïc, Ludovic (French), Lewis (English), Lodewijk (Dutch), Chlodovech, Clodovicus, Ludovicus, Clovis, Hludowig (Ancient Germanic), Koldobika, Koldo (Basque), Loïc (Breton), Lluís (Catalan), Alojz, Alojzije (Croatian), Alois, Ludvík, Luděk (Czech), Ludvig (Danish), Ludoviko, Luĉjo (Esperanto), Lois (Galician), Alois, Ludwig, Lutz (German), Alajos, Lajos (Hungarian), Lúðvík (Icelandic), Alaois (Irish), Aloisio, Alvise, Lodovico, Ludovico, Luigi, Gino, Luigino, Vico (Italian), Ludis, Ludvigs (Latvian), Liudvikas (Lithuanian), Aloys, Aloysius (Medieval Occitan), Ludvig (Norwegian), Loís (Occitan), Alojzy, Ludwik (Polish), Aloísio, Luís, Luisinho (Portuguese), Luiz (Portuguese (Brazilian)), Alojz (Slovak), Alojz, Alojzij, Ludvik, Lojze (Slovene), Luis, Lucho (Spanish), Ludvig, Love, Ludde (Swedish)

Bentuk Pendek :

Lou (French), Lou, Louie (English)

Bentuk Feminim :

Louise, Lou, Louisette (French), Louisa, Louise (English), Louisa, Louise (Dutch)

 

Wartakan kisah ini!

a b c d e f g h i j k l m n o p q r s t u v w x y z

Pilih Topik

Login

or