Indonesian Indonesian
Julius I

Santo Paus Julius I

Paus ke-35

Julius I

Santo Paus Julius I

Paus ke-35




Paus Julius I Adalah paus kita yang ke-35. Ia menggantikan santo paus Markus yang wafat pada tahun 337.  Diketahui Paus Julius  I adalah penduduk asli kota Roma dan ayahnya adalah seorang Kristen yang saleh bernama Rustikus. Selama masa pontifikatnya, paus Julius I membangun beberapa gereja yang megah di kota Roma. Ia juga memberikan hak kepada para uskup yang di-ekskomunikasi untuk mengajukan banding ke Roma demi menebus kesalahan mereka.

Paus Julius I dikenal gigih menentang ajaran bidaah Arianisme. Ia memberikan dukungan penuh kepada Santo Athanasius, uskup agung Aleksandria yang harus menjalani pembuangan akibat menentang para pengikut bidaah Arian di keuskupannya.

Julius I juga memerintahkan kepada Gereja Timur untuk merayakan hari Natal pada tanggal 25 Desember bukan menggabungkannya dengan hari Epiphany pada tanggal 6 Januari.  

Paus yang kudus ini tutup usia pada tanggal  12 April 352 di kota Roma.


  • Hits
    3736
  • Diterbitkan
    04 October 2016
  • Diperbaharui
    11 October 2016
  • Referensi
  • Tags
    Arianisme - Orang kudus gereja perdana - Paus

  • Arti nama

    Julius adalah nama Romawi yang mungkin berasal dari kata Yunani  ιουλος (ioulos) yang berarti : "berjanggut, berbulu halus".

    Variasi Nama

    Iulius (Latin), Jules (French), Gyula (Hungarian), Giulio (Italian), Juliusz, Julek (Polish), Julio (Portuguese), Iuliu (Romanian), Yuli, Yuliy (Russian), Július (Slovak), Julij (Slovene), Julio (Spanish)
     
    Bentuk Feminim :
    Iulia, Julia (Ancient Roman), Jools, Jules, Julia, Julie (English), Julia (German)
     

    Pilih Topik