Indonesian Indonesian
Zakharia

Santo Paus Zakharia

Paus ke-91

Zakharia

Santo Paus Zakharia

Paus ke-91




Zakharia adalah seorang biarawan Benediktin dari Yunani yang hidup pada abad kedelapan. Ia diangkat menjadi kardinal dan kemudian paus. Pada waktu itu, terjadi peperangan di seluruh negeri Italia. Paus St Zakharia mengusahakan perdamaian dan menyelamatkan rakyat dari perang yang mengerikan. Terkadang, ia menanggung resiko kehilangan nyawa dalam melakukannya.

Karena orang kudus kita begitu lembut dan baik hati, para pemimpin bersedia melakukan apa yang dimintanya. Bahkan bagi para musuh, ia siap sedia membantu dan memperlakukan mereka sebaik mungkin. Ia tak pernah menuntut balas pada mereka.

Ketika Paus Zakharia tahu bahwa kaum Lombard hendak menyerang Roma, ia minta bertemu dengan pemimpinnya. Paus dan Liutprand dari kaum Lombard saling bertemu. Entah apa yang mereka perbincangkan satu sama lain, hasilnya sungguh amat mengagumkan. Liutprand membatalkan serangan. Ia juga mengembalikan semua wilayah yang diambil alih di area tersebut selama tigapuluh tahun belakangan. Ia bahkan membebaskan semua tahanan. Liutprand juga menandatangani suatu perjanjian duapuluh tahun di mana kepada bangsa Romawi diberikan jaminan bebas dari serangan kaum Lombard.

St Zakharia dikenal sebagai seorang bapa sejati bagi kaum fakir miskin. Ia mendirikan rumah-rumah bagi kaum papa dan para pengembara. Hatinya yang penuh kasih tak dapat tahan melihat penduduk menderita. Suatu ketika ia mendengar beberapa saudagar telah membeli budak-budak miskin di Roma dan hendak menjual budak-budak itu ke Afrika. Ia memanggil para saudagar itu dan mencela kelakuan mereka yang begitu keji. Kemudian paus menebus harga yang mereka minta untuk budak-budak itu dan membebaskannya.

Ketika St Zakharia wafat pada tahun 752, semua orang berduka sebab kehilangan seorang bapa yang begitu baik dan kudus.


  • Hits
    2603
  • Diterbitkan
    03 August 2013
  • Diperbaharui
    01 November 2016
  • Referensi
  • Tags
    Benediktin - Kardinal - Paus - Yunani

  • Arti nama

    Berasal dari nama Ibrani זְכַרְיָה (Zekharyah) yang berarti : "YAHWEH mengingat".

    Variasi Nama

    Zacharias, zachariah, zechariah (biblical), zekharyah (biblical hebrew), zaccharias (biblical latin), zahari (bulgarian), zachariah, zachary, zechariah, zac, zach, zachery, zack, zackary, zackery, zak (english), sakari, sakke, saku (finnish), zacharie (french), zachariasz (polish), zakhar (russian), sachairi (scottish), zacarías (spanish)


    Pilih Topik